Sumber Kencono Tabrak Minibus, 6 Tewas

Kompas.com - 06/05/2012, 10:19 WIB
|
EditorMarcus Suprihadi

BOYOLALI, KOMPAS.com- Kecelakaan lalu lintas yang melibatkan bus Sumber Kencono dan sebuah mikrobus Elf terjadi di Jalan Raya Solo-Semarang, tepatnya di Desa Kuwiran, Kecamatan Banyudono, Kabupaten Boyolali, Jawa Tengah. Dalam kecelakaan yang terjadi pada Sabtu kemarin pukul 18.30 ini enam orang tewas.

Hingga Minggu (6/5/2012) pagi ini, 16 korban luka masih dirawat di rumah sakit, sementara polisi masih melakukan rekonstruksi kejadian di tempat kejadian perkara.

Kepala Satuan Lalu Lintas Kepolisian Resor Boyolali Ajun Komisaris Sugino yang dihubungi saat memimpin rekonstruksi kejadian menyatakan, bus Sumber Kencono W 7801 UY dan mikrobus berada jalur yang sama ke arah Semarang.

Mikrobus berada di jalur kiri, dan hendak berbalik arah dengan belok ke arah kanan. Secara tidak diduga, datang bus Sumber Kencono dengan kecepatan sekitar 80-90 km/jam, dan menabrak minibus. Minibus pun terguling dan terseret sekitar 15 meter.

"Kedua pihak sama-sama lalai. Bus melaju dengan kecepatan tinggi. Sedangkan mikrobus membelok dengan tiba-tiba. Sementara, kami menetapkan sopir minibus sebagai tersangka," kata Sugino.

Untuk sopir bus, Sugino mengatakan, ada kemungkinan akan dijadikan tersangka pula. Sebab pengemudi tidak memerhatikan rambu yang ada sekitar 20 meter sebelum lokasi kejadian, bahwa toleransi kecepatan kendaraan hanya 40 km/jam.

Jalan itu merupakan jalan nasional, yang baru beberapa bulan dilebarkan. Sudah ada lampu-lampu terpasang. Namun pada malam hari suasana gelap karena belum ada lampu yang menyala.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Kami sudah minta kepada dinas terkait utk menyalakan lampu, tetapi belum juga dipenuhi. Kondisi kemarin malam juga hujan deras, sehingga jarak pandang sangat pendek," ujar Sugino.

Korban yang ada dalam mikrobus berasal dari Pati, Jateng dan hendak ke Bantul, DI Yogyakarta untuk acara lamaran pengantin.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.