Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Irwandi Beri Selamat untuk Zaini-Muzakir

Kompas.com - 04/05/2012, 19:57 WIB
Mohamad Burhanudin

Penulis

BANDA ACEH, KOMPAS.com -- Calon Gubernur Aceh petahana, Irwandi Yusuf, yang juga sebagai pihak penggugat hasil Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Aceh 2012 di Mahkamah Konstitusi (MK), menerima hasil putusan MK yang menolak gugatannya. Mantan Gubernur Aceh itu juga menyampaikan ucapan selamat kepada Gubernur Aceh terpilih, Zaini Abdullah yang berpasangan dengan Muzakir Manaf.

"Gugatan yang kami ajukan itu memang sudah diperkirakan hasilnya begitu, bahkan sebelum gugatan kami ajukan," kata Irwandi, Jumat (4/5/2012) di Banda Aceh.

Putusan MK yang menolak perkara Nomor 22/PHPU.D-X/2012 ini dibacakan majelis hakim yang dipimpin Mohd Mahfud MD, Jumat pagi di Jakarta.

Irwandi mengatakan, tujuan gugatannya sebenarnya bukan untuk mencari kemenangan, melainkan untuk pembelajaran politik kepada rakyat Aceh. "Dengan gugatan ini, agenda politik di masa depan dapat dilakukan secara santun dan beradab di Aceh yang saya cintai ini," katanya.

Dalam kesempatan itu, Irwandi juga mengucapkan selamat kepada pasangan Zaini Abdullah-Muzakir Manaf yang terpilih sebagai Gubernur dan Wakil Gubernur Aceh untuk periode 2012-2017. Dalam pemungutan suara 9 April lalu, pasangan yang diusung oleh Partai Aceh itu mendapatkan suara terbesar, yaitu 55,78 persen. Irwandi yang berpasangan dengan Muhyan Yunan berada di posisi kedua dengan suara 29,8 persen.

"Ucapan selamat juga kami sampaikan kepada tim pemenangan Zikir (Zaini-Muzakir) yang telah bekerja sangat gigih dengan cara dan strategi jitu, yang telah berhasil mengantarkan Zaini Abdullah dan Muzakir Manaf ke puncak kekuasaan Aceh periode 2012-2017," tutur Irwandi.

Irwandi yang telah mengakhiri masa jabatannya sebagai Gubernur Aceh pada 8 Februari 2012 juga mengucapkan terima kasih kepada seluruh rakyat Aceh yang telah menyertai kepemimpinannya pada periode 2007-2012 dengan sukses, aman, dan damai.

"Atas nama Gubernur Aceh periode 2007-2012, saya meminta maaf sebesar-besarnya kepada keluarga yang telah menjadi korban kekerasan politik selama proses Pilkada Aceh sejak awal. Semoga arwah mereka syahid," kata Irwandi.

 

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com