Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lapas Lowokwaru "Overload", 250 Napi Narkoba Dipindah

Kompas.com - 01/05/2012, 19:34 WIB
Yatimul Ainun

Penulis

MALANG, KOMPAS.com - Akibat overload alias kelebihan muatan, sebanyak 250 napi kasus narkoba yang menghuni Lembaga Pemasyarakatan Klas IA Lowokwaru, Malang, Jawa Timur, dipindah ke tiga blok yang baru dibangun oleh Lapas Lowokwaru.

Pemindahan tersebut menyusul, jumlah warga binaan yang sudah melebihi kapasitas di blok yang ada.

Selama ini, jumlah blok yang ada di Lapas Lowokwaru berjumlah 22 blok yang dihuni 1.879 warga binaan. Saat ini, jumlah blok sudah ditambah tiga dengan kapasitas 400-an orang di masing-masing blok.

"Sebanyak 250 napi itu sudah dipindah ke tiga blok yang baru selesai kita bangun," kata Kepala Lapas Lowokwaru Kelas 1A, Malang, Joko Wibowo, Selasa (1/5/2012).

Menurut Joko yang mulai pekan depan bakal menjabat sebagai Direktur Infokom Dirjen Lapas itu, pemindahan 250 napi ke blok yang baru itu sudah bisa mengurangi kelebihan kapasitas Lapas Lowokwaru.

"Karena selama ini jumlah penghuni di Lapas Lowokwaru memang didominasi oleh napi dari kasus narkoba dengan total 429 orang, sehingga memang diperlukan penambahan blok baru," katanya.

Dengan pemindahan tersebut, jelas Joko, saat ini lapas sudah bisa mengurangi jumlah penghuni di blok narkoba yang memang menduduki peringkat pertama yang menghuni Lapas Lowokwaru.

"Saat ini sudah tidak overload lagi," katanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com