Lapas Lowokwaru "Overload", 250 Napi Narkoba Dipindah

Kompas.com - 01/05/2012, 19:34 WIB
|
EditorTri Wahono

MALANG, KOMPAS.com - Akibat overload alias kelebihan muatan, sebanyak 250 napi kasus narkoba yang menghuni Lembaga Pemasyarakatan Klas IA Lowokwaru, Malang, Jawa Timur, dipindah ke tiga blok yang baru dibangun oleh Lapas Lowokwaru.

Pemindahan tersebut menyusul, jumlah warga binaan yang sudah melebihi kapasitas di blok yang ada.

Selama ini, jumlah blok yang ada di Lapas Lowokwaru berjumlah 22 blok yang dihuni 1.879 warga binaan. Saat ini, jumlah blok sudah ditambah tiga dengan kapasitas 400-an orang di masing-masing blok.

"Sebanyak 250 napi itu sudah dipindah ke tiga blok yang baru selesai kita bangun," kata Kepala Lapas Lowokwaru Kelas 1A, Malang, Joko Wibowo, Selasa (1/5/2012).

Menurut Joko yang mulai pekan depan bakal menjabat sebagai Direktur Infokom Dirjen Lapas itu, pemindahan 250 napi ke blok yang baru itu sudah bisa mengurangi kelebihan kapasitas Lapas Lowokwaru.

"Karena selama ini jumlah penghuni di Lapas Lowokwaru memang didominasi oleh napi dari kasus narkoba dengan total 429 orang, sehingga memang diperlukan penambahan blok baru," katanya.

Dengan pemindahan tersebut, jelas Joko, saat ini lapas sudah bisa mengurangi jumlah penghuni di blok narkoba yang memang menduduki peringkat pertama yang menghuni Lapas Lowokwaru.

"Saat ini sudah tidak overload lagi," katanya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.