10 Kabupaten/Kota Gagal Capai Target E-KTP

Kompas.com - 01/05/2012, 17:30 WIB
Penulis Nina Susilo
|
EditorNasru Alam Aziz

JAKARTA, KOMPAS.com -- Dari 197 kabupaten/kota yang mengerjakan perekaman data kartu tanda penduduk (e-KTP) elektronik pada 2011 sampai 30 April 2012, sepuluh daerah tetap gagal memenuhi target. Padahal, batas waktu pekerjaan sudah diperpanjang dari akhir 2011 menjadi 30 April 2012.

Kesepuluh kabupaten/kota itu adalah Kabupaten Seram Bagian Barat, Kabupaten Maluku Tengah, Kabupaten Kupang, Kota Denpasar, Kota Cimahi, Kota Bekasi, Kota Depok, Kabupaten Cirebon, Kota Tangerang, dan Kabupaten Minahasa.

Kegagalan mencapai target ini, menurut Menteri Dalam Negeri Gamawan Fauzi, bisa disebabkan besarnya jumlah penduduk, seperti di Bekasi dan Depok (Jawa Barat).

"Ada daerah yang tidak mampu mencapai target perekaman data e-KTP akibat medan yang sulit. Namun, ada pula yang dinilai kurang sungguh-sungguh, misalnya, Kota Denpasar yang memiliki jumlah wajib KTP 350.000 orang dan Kota Medan yang daerahnya tidak terlalu sulit dijangkau tetapi target tetap tidak tercapai," ungkap Gamawan, Selasa (1/5/2012) di Jakarta.

Di sisi lain, ada 19 kabupaten/kota lain yang merekam data lebih dari target. Kendati sudah mencapai atau melampaui target, Gamawan berharap layanan pembuatan e-KTP tetap dilanjutkan. Penyisiran penduduk wajib KTP atau warga yang pindah, sudah mencapai 17 tahun, atau pernah menikah, diharapkan tetap dilaksanakan secara regular.



Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X