Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Karyawan PT Leces Istigasah

Kompas.com - 01/05/2012, 13:30 WIB
Dahlia Irawati

Penulis

PROBOLINGGO, KOMPAS.com — Ratusan karyawan pabrik kertas PT Leces di Probolinggo, Jawa Timur, memperingati Hari Buruh Internasional dengan menggelar istigasah, Selasa (1/5/2012). Mereka mengadukan nasib kepada Sang Pencipta agar segera mendapatkan jalan keluar terbaik dari masalah mereka.

Sekitar 700 karyawan PT Leces saat itu dengan khusyuk mengadu dan berdoa diberi keikhlasan dan kekuatan dalam menjalani cobaan. Gaji mereka tersendat-sendat selama hampir dua tahun karena pabrik tersebut berhenti beroperasi.

"Kami memeringati Hari Buruh Internasional dengan istigasah karena ini adalah jalan yang menurut kami terbaik dan tidak menghabiskan energi. Kami selama ini sudah menempuh banyak jalan memperjuangkan hak normatif kami, tetapi hingga kini belum berhasil," ujar Ketua Serikat Pekerja Sejahtera Karyawan Leces Muji Slamet, Selasa.

Gaji sekitar 1.800 karyawan pabrik kertas PT Leces saat ini masih belum dibayarkan sepenuhnya oleh pabrik yang dibangun Belanda tahun 1939 itu. Yang dituntut adalah kekurangan gaji November 2011, Maret 2012, dan April 2012. Total kekurangan gaji itu mencapai Rp 8 miliar. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com