Karyawan PT Leces Istigasah

Kompas.com - 01/05/2012, 13:30 WIB
|
EditorRobert Adhi Ksp

PROBOLINGGO, KOMPAS.com — Ratusan karyawan pabrik kertas PT Leces di Probolinggo, Jawa Timur, memperingati Hari Buruh Internasional dengan menggelar istigasah, Selasa (1/5/2012). Mereka mengadukan nasib kepada Sang Pencipta agar segera mendapatkan jalan keluar terbaik dari masalah mereka.

Sekitar 700 karyawan PT Leces saat itu dengan khusyuk mengadu dan berdoa diberi keikhlasan dan kekuatan dalam menjalani cobaan. Gaji mereka tersendat-sendat selama hampir dua tahun karena pabrik tersebut berhenti beroperasi.

"Kami memeringati Hari Buruh Internasional dengan istigasah karena ini adalah jalan yang menurut kami terbaik dan tidak menghabiskan energi. Kami selama ini sudah menempuh banyak jalan memperjuangkan hak normatif kami, tetapi hingga kini belum berhasil," ujar Ketua Serikat Pekerja Sejahtera Karyawan Leces Muji Slamet, Selasa.

Gaji sekitar 1.800 karyawan pabrik kertas PT Leces saat ini masih belum dibayarkan sepenuhnya oleh pabrik yang dibangun Belanda tahun 1939 itu. Yang dituntut adalah kekurangan gaji November 2011, Maret 2012, dan April 2012. Total kekurangan gaji itu mencapai Rp 8 miliar. 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


    Video Pilihan

    26th

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

    Terkini Lainnya

    komentar di artikel lainnya
    Close Ads
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.