Tiga Tuntutan Utama Buruh di Batam

Kompas.com - 01/05/2012, 09:49 WIB
Penulis Kris R Mada
|
EditorRobert Adhi Ksp

BATAM, KOMPAS.com — Peringatan Hari Buruh Internasional di Batam, Kepulauan Riau, diwarnai parade buruh. Massa buruh mengajukan tiga tuntutan.

Para buruh menuntut penghapusan pekerja kontrak luar (outsourcing). Mereka menuntut pemberlakuan sistem jaminan sosial nasional. Selain itu, mereka mendesak revisi peraturan tentang komponen upah layak.

Sistem pekerja kontrak luar dinilai sangat tidak adil. Tidak ada kepastian bagi buruh dalam sistem itu. "Jangankan jaminan kesehatan atau lainnya, kepastian kelangsungan kerja saja tidak ada dalam sistem outsourcing. Kami menuntut pemerintah merealisasikan janji menghapus sistem itu," ujar Yani, pengurus Serikat Pekerja Metal Indonesia Batam.

Selain itu, buruh bersama banyak warga negara Indonesia lain tidak punya jaminan sosial. Karena itu, buruh menuntut pemberlakuan sistem jaminan sosial.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


    Video Pilihan

    26th

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

    Terkini Lainnya

    komentar di artikel lainnya
    Close Ads
    Verifikasi akun KG Media ID
    Verifikasi akun KG Media ID

    Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

    Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.