Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pengisian BBM untuk Nelayan di Cilacap Dihentikan

Kompas.com - 24/04/2012, 19:53 WIB
Gregorius Magnus Finesso

Penulis

CILACAP, KOMPAS.com — Koperasi Unit Desa  Mino Saroyo, Cilacap, Jawa Tengah, menutup layanan pengisian bahan bakar untuk nelayan, Selasa (24/4/2012). Sejak Senin (23/4/2012), stok bahan bakar minyak  bagi nelayan untuk bulan April habis.

Ketua KUD Mino Saroyo Untung Jayanto menuturkan, jatah BBM tiap bulan untuk nelayan dan kapal di atas 30 gros ton di Cilacap mencapai 728 kiloliter  telah ludes terbeli.

"Sudah dua bulan terakhir, kami kesulitan mencukupi kebutuhan nelayan. Maret lalu, jatah BBM habis 10 hari sebelum akhir bulan, sedangkan bulan ini sudah habis pada 23 April," ungkap Untung.

Untuk itu, KUD Mino Saroyo yang menjadi satu-satunya operator layanan BBM bagi nelayan pun mengambil kebijakan menutup stasiun pengisian bahan bakar untuk nelayan (SPBN) hingga stok kembali normal. "Nelayan sama sekali tidak memperoleh lagi pasokan BBM untuk melaut. Sebetulnya kasihan juga karena di Cilacap ada 33.000 nelayan yang sangat bergantung pada BBM untuk bisa melaut," tuturnya.

Menurut Untung, salah satu pemicu cepatnya jatah BBM habis adalah tidak ada lagi buku layanan bungker (BLB) oleh Pertamina. Layanan tersebut adalah pasokan langsung dari Pertamina untuk kapal-kapal besar dengan bobot lebih dari 30 gros ton (GT).

Dengan tidak adanya layanan ini, kapal-kapal besar pun membeli solar ke SPBN sehingga jatah cepat habis. Selain itu, stok BBM untuk kebutuhan perikanan tangkap di Cilacap memang belum ideal. Dari kebutuhan BBM solar mencapai 1.300 kiloliter per bulan, pasokan hanya 728 kiloliter.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com