Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dua Nelayan Lembata Hilang di Laut

Kompas.com - 21/04/2012, 03:26 WIB

Lewoleba, Kompas - Dua nelayan dari Desa Waijarang, Kabupaten Lembata, Nusa Tenggara Timur, hilang sejak Minggu (15/4). Berbagai upaya pencarian telah dilakukan, tetapi belum juga berhasil. Kedua korban diduga terseret gelombang ke perairan Laut Sawu.

Wakil Bupati Lembata Viktor Mado Watun di Lewoleba, Jumat (20/4), mengatakan, kedua nelayan kakak beradik bernama Achmad Yusuf (32) dan Afirudin Yusuf (29). Mereka pada Minggu itu melaut menggunakan perahu berukuran 8 meter x 1,5 meter, di perairan sekitar Desa Waijarang, Lembata,

”Pada malam hari keduanya tidak pulang. Pihak keluarga menduga keduanya masih mencari ikan, tetapi hari ini belum juga pulang atau belum ditemukan. Padahal, tim SAR, dibantu para nelayan setempat, telah mencarinya ke mana-mana di perairan biasa mereka melaut,” kata Mado.

Sekretaris Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Lembata Anton Suban Hali mengatakan, batas pencarian korban sampai hari Sabtu (21/4). Pencarian bisa diperpanjang setelah ada surat dari Bupati Lembata.

Pihak BPBD Lembata kini sedang mempertimbangkan tawaran Badan SAR Nasional Region Maumere ikut mencari kedua nelayan.

Menurut Anton, Minggu malam itu, sekitar 20 nelayan melaut. Perahu mereka yang berdekatan dihantam gelombang ganas sekitar pukul 24.00 Wita. Para nelayan balik ke pantai, tetapi kedua kakak beradik itu tidak pulang.

Sementara itu, Kepala Dinas Perikanan dan Kelautan Flores Timur Maria Ema mengakui pihaknya bersama polisi setempat telah menangkap Kapal Motor Sejahtera Bahari. Kapal milik nelayan Sinjai, Sulawesi Selatan, itu diduga membawa 2,4 ton ikan tuna tanpa surat izin. Enam anak buah kapal, termasuk nakhoda, ditahan di Larantuka, Flores Timur. (KOR)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com