Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pemuda Pesisir Enggan Kenal Jaring dan Perahu Lagi

Kompas.com - 20/04/2012, 10:59 WIB
Gregorius Magnus Finesso

Penulis

KEBUMEN, KOMPAS.com - Sebanyak 25 pemuda nelayan dari Kecamatan Buayan dan Kecamatan Puring, Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah, selama pekan ini mengikuti pelatihan pengkaderan nelayan. Pelatihan ini dilakukan sebagai jawaban atas minimnya regenerasi di kalangan nelayan karena sebagian besar pemudanya memilih merantau ke kota besar.

Anggota Bakohumas Dinas Kelautan Perikanan Kabupaten Kebumen, Sri Pambudi, Jumat (20/4/2012) mengatakan, pelatihan yang berlangsung di Gedung Muslimat NU Desa Purwoharjo, Kecamatan Puring tersebut didanai dari kegiatan Sosialisasi Taruna Nelayan Dinas Kelautan dan Perikanan Jawa Tengah tahun 2012.

"Kami prihatin, para pemuda di daerah pesisir jarang yang mau kenal lagi sama jaring, ikan, perahu dan laut. Padahal, negara kita adalah negara maritim yang memiliki kekayaan laut sangat besar," ujarnya.

Untuk itu pelatihan bagi nelayan muda ini dilakukan sebagai upaya mengenalkan pemuda nelayan agar bersiap-siap menggantikan para nelayan pendahulu. Sehingga peremajaan nelayan bisa terus berlangsung.

Dalam kesempatan pelatihan ini, juga akan diberikan bantuan alat perbengkelan kapal dan sarana budi daya ikan masing-masing senilai Rp 1,9 juta.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com