Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
PENDIDIKAN

Wina Tak Ikut UN karena Dituduh Merusak Rumah Tangga

Kompas.com - 19/04/2012, 20:50 WIB
Herlambang Jaluardi

Penulis

SUKABUMI, KOMPAS.com — Wina Nidaul Gina, siswi kelas XII IPA SMA Darul Abror Kota Bekasi, Jawa Barat, gagal menuntaskan ujian nasional lantaran dikeluarkan dari sekolah.

Siswi yatim itu dituduh mencemarkan nama baik dan merusak rumah tangga kepala sekolahnya, Mujahid Solahudin.

"Sehabis mengikuti ujian Bahasa Indonesia, Senin lalu, saya dipanggil kepala sekolah. Dia heran kenapa saya masih mengikuti ujian, lalu memberi surat yang menyatakan saya dikeluarkan dari sekolah," kata pelajar yang selalu menempati peringkat tiga besar di kelasnya itu di rumahnya, Kelurahan Kebonjati, Kecamatan Cikole, Kota Sukabumi, Jawa Barat, Kamis (19/4/2012).

Dalam surat yang dikeluarkan pada 22 Maret itu disebutkan alasan yang menyebabkan Wina dikeluarkan dari sekolah. Ia dianggap mencemarkan nama baik kepala sekolah melalui akun Facebook miliknya. Wina juga dituduh merusak rumah tangga kepala sekolah.

Penerima beasiswa dari lembaga Al-Azhar Peduli Ummat ini mengakui, sekitar satu tahun lalu, sang kepala sekolah pernah menyatakan ketertarikannya kepada dia melalui layanan pesan  singkat (SMS). Namun, hal itu tidak ia tanggapi.

Menurut Wina, pesan-pesan itu sudah hilang karena telepon selulernya rusak. Kalimat status Facebook-nya yang memicu masalah pun sudah ia hapus.

Yati (49), ibunda Wina, terlihat sangat terpukul dengan nasib yang dialami putrinya itu. Ia mengaku sedih karena cita-cita melihat Wina mengenyam bangku kuliah seolah pupus.

"Alasan sekolah mengeluarkan dia tidak masuk akal. Setahun lalu, Wina sempat ingin mengundurkan diri dari sekolah karena risi dengan perilaku kepala sekolahnya itu. Namun, saya mendorongnya untuk bertahan karena Wina ingin kuliah," ujarnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com