Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dubes Portugal Janji Promosikan Semana Santa di Lourdes

Kompas.com - 19/04/2012, 15:48 WIB

KUPANG, KOMPAS.com - Duta Besar Portugal untuk Indonesia, Manuel Carlos Leitao Frota berjanji akan mempromosikan perayaan suci Semana Santa dan Prosesi Jumad Agung atau Sesta Vera, di Larantuka, Flores Timur, Nusa Tenggara Timur di Lourdes.

"Promosi ke Lourdes ini karena pertimbangan, setiap tahunnya, sekitar lima sampai enam juta orang peziarah mengunjungi Lourdes, sebuah kota di kaki gunung berhutang di pegunungan Pyrenees, Perancis," kata Bupati Flores Timur, Yoseph Laga Doni Herin, Kamis (19/4/2012) usai bertemu dengan Duta Besar Portugal.

"Saya dan istri baru selesai bertemu dengan Duta Besar Portugal untuk Indonesia Manuel Carlos Leitao Frota bersama istrinya Ny Arlinda Chanves Frota di Jakarta. Dalam pertemuan itu, pak Dubes berjanji akan mempromosikan Semana Santa di Lourdes," sambungnya.

Menurut bupati, Dubes Portugal dan istrinya baru saja kembali dari Flores Timur untuk mengikuti prosesi Jumat Agung pada 6 April lalu dan merasa perlu untuk mendorong kemajuan wisata rohani di Flores Timur, dengan cara melakukan promosi ke Lourdes.

Lourdes adalah sebuah kota di kaki gunung berhutang di pegunungan Pyrenees, Perancis. Saat ini, Lourdes merupakan salah satu pusat ziarah umat Katolik yang terbesar. Setiap tahun ada sekitar lima sampai enam juta peziarah yang berkunjung ke sana yang datang dari berbagai penjuru dunia.

Lebih dari setengah peziarah berasal dari luar Perancis yakni dari Benua Eropa, Asia, termasuk didalamnya Indonesia, Afrika, Amerika dan Australia. "Kalau dari lima sampai enam juta peziarah, kita bisa menggaet satu atau dua persen saja untuk datang ke Flores Timur mengikuti proses Jumat Agung, itu sudah luar biasa," kata Laga Doni.

Kota Kembar

Dalam pertemuan itu, Dubes Portugal juga berjanji akan membantu mendorong realisasi kerja sama antara Pemerintah Portugal dan Pemerintah Kabupaten Flores Timur menjadikan Larantuka sebagai Sister City atau Kota Kembar dengan Lisabon. "Saya akan menghubungi wali kota untuk membicarakan secara khusus masalah Kota Kembar ini," kata Laga Doni mengutip Dubes Pertugal.

Laga Doni berharap, dengan adanya kerja sama kota kembar dan promosi wisata yang digalakkan di Lourdes, ke depan nantinya prosesi Jumat Agung akan lebih banyak dikunjungi oleh peziarah dari berbagai belahan dunia.  

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com