Bendera Emas untuk Leces

Kompas.com - 18/04/2012, 16:39 WIB
|
EditorMarcus Suprihadi

PROBOLINGGO, KOMPAS.com- Pabrik Kertas PT Leces menerima penghargaan bendera emas dari Gubernur Jawa Timur. Penghargaan itu diberikan karena perusahaan dinilai memperhatikan sistem manajemen keselamatan dan kesehatan kerja (SMK3).

Penghargaan diberikan Gubernur Jatim Soekarwo berdasar surat keputusan Gubernur Jatim nomor 188/93/KPTS/013/2012 tertanggal 22 Februari 2012. Penghargaan ini hasil audit PT Sucofindo Indonesia dengan nilai 88 persen (masuk kategori bendera emas), ujar Cilik Sukariadi, Humas PT Leces, Rabu (18/4).

Penghargaan diberikan, Selasa kemarin di Gedung Grahadi Surabaya.

Dengan penghargaan itu, Cilik menuturkan, PT Leces dinilai memperhatikan standar keselamatan dan kesehatan kerja karyawannya.

Penghargaan ini dinilai cukup memberikan aura positif bagi PT Leces yang dibelit persoalan keuangan, sehingga sejak Juni 2010 hingga saat ini belum beroperasi. Dampaknya, perusahaan kertas yang pernah berjaya di tingkat Asia Tenggara tahun 1980-an itu mengalami sengketa perburuhan dengan karyawannya.

Pabrik sempat tidak bisa membayar gaji karyawan karena tidak adanya dana. Saat ini pun perusahaan tersebut juga masih memiliki hutang gaji bulan November 2011 dan Maret 2012 serta tunjangan pendidikan dengan total Rp 4,5 miliar (M) pada karyawannya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.