Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Puluhan Siswa di Sumenep Pilih Kawin ketimbang UN

Kompas.com - 17/04/2012, 19:32 WIB
Taufiqurrahman

Penulis

SUMENEP, KOMPAS.com - Ratusan siswa tingkat SMA sederajat di Sumenep, Jawa Timur, tidak mengikuti Ujian Nasional (UN) hingga memasuki hari kedua, Selasa (17/04/2012) pelaksanaan UN.

Berdasarkan data di Dinas Pendidikan Kabupaten Sumenep, dari 9.838 siswa yang terdaftar sebagai peserta UN, 165 siswa tidak ikut. Mereka itu terdiri dari siswa SMA Negeri sebanyak 12 siswa, SMA swasta sebanyak 33 siswa, MA sebanyak 85 siswa dan SMK sebanyak 25 siswa.

Kepala Bidang Pendidikan Menengah, Disdik Sumenep, Ataurrahman mengatakan, siswa yang memberikan keterangan sakit hanya 2 siswa. Sedangkan yang  mengundurkan diri sebanyak 87 siswa, meninggal dunia 4 siswa, dan siswa yang tanpa keterangan sebanyak 19 siswa.

"Ada juga di antara mereka sebanyak 53 siswa memilih kawin dan tidak mengikuti UN," kata Ataurrahman.

Bagi siswa yang tidak ikut UN tanpa ada keterangan yang jelas, tidak bisa mengikuti UN susulan Senin depan. Kecuali dua siswa karena sakit dengan dilengkapi surat keterangan dari dokter.

"Kedua siswa itu bisa ikut UN susulan jika sakitnya sudah sembuh. Jika belum sembuh, kita usahakan diantar ke rumah yang bersangkutan," imbuhnya.

Ditambahkan Ata, guru di masing-masing sekolah sudah jauh-jauh hari menyampaikan himbauan kepada siswanya agar tetap ikut UN meskipun dalam keadaan apapun.

"Kalau sudah memilih kawin dan tidak mau melanjutkan sekolah, kita juga tidak bisa memaksa mereka karena pilihan itu juga mendapat dukungan dari orang tuanya," terangnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com