Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ritual Adat Mendaki Gamalama

Kompas.com - 13/04/2012, 13:57 WIB

TERNATE, KOMPAS.com — Ritual adat mendaki Gunung Gamalama di Kota Ternate, Maluku Utara, biasa disebut Fere Kie, menjadi rangkaian kegiatan Festival Legu Gam yang melibatkan sedikitnya 160 warga.

Salah seorang perangkat Kesultanan Ternate Diku mengatakan di Ternate, Kamis, ritual adat mendaki Gunung Gamalama tersebut bertujuan memohon kepada Tuhan Yang Maha Kuasa agar memberi perlindungan pada daerah dan masyarakat Ternate.

Ritual adat mendaki Gunung Gamalama tersebut mengambil awal di Kedaton Kesultanan Ternate pada pukul 05.30 WIT. Sebelum berangkat, warga yang akan ikut dalam ritual itu menjalani prosesi pembacaan doa di halaman Kedaton Kesultanan Ternate.

Menurut Diku, semua warga yang ikut dalam ritual adat mendaki gunung setinggi 1.700 meter dari permukaan laut itu harus menaati sejumlah persyaratan, seperti tidak boleh memakai baju warna merah karena baju warna seperti itu diyakini sama artinya dengan menantang penjaga gunung.

Selain itu, warga selama mengikuti ritual mendaki Gunung Gamalama, baik saat naik maupun saat berada di puncak dan turun kembali, tidak boleh mengeluarkan kata-kata kotor dan memperguncingkan kejelekan orang lain.

"Mereka juga tidak boleh bersuara keras, apalagi sampai berteriak-teriak, serta tidak boleh membawa minuman keras. Jika larangan ini dilanggar akan menimbulkan masalah bagi yang melanggarnya," katanya.

Warga yang mengikuti ritual adat mendaki Gunung Gamalama tersebut juga diwajibkan membawa baju koko (baju muslim), karena saat berada di puncak semuanya akan melakukan shalat zuhur serta pembacaan doa pada sejumlah makan keramat di puncak Gunung Gamalama.

Ritual adat lainnya yang digelar Kesultanan Ternate dalam rangkaian Festival Legu Gam adalah atraksi dabus (kebal) dan permainan bambu gila yang melibatkan sedikitnya 700 peserta serta penampilan berbagai budaya dan kesenian tradisional dari empat kesultanan di Malut.

Festival Legu Gam yang digelar dari tanggal 1-21 April 2012 tersebut merupakan kegiatan tahunan Kesultanan Ternate dalam rangka memeriahkan ulan tahun Sultan Ternate Mudhaffar Sjah, yang pada 13 April 2012 memasuki usia ke-77 tahun.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com