Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Wapres Minta Evaluasi Ulang Penanganan Mitigasi Bencana

Kompas.com - 13/04/2012, 11:45 WIB
Mohamad Burhanudin

Penulis

BANDA ACEH, KOMPAS.com - Wakil Presiden Boediono meminta ada evaluasi ulang terhadap upaya penanganan mitigasi bencana alam, khususnya saat gempa besar seperti yang terjadi di wilayah Aceh dan Sumatera lainnya, Rabu (11/4/2012).

Dia yakin, para ahli kegempaan di Indonesia dapat memberi solusi atas masalah tersebut. "Ini pelajaran yang harus kita ambil, apa yang menjadi masalah. Di atas kertas SOP (standard operational procedure) sudah bagus, tapi dengan kejadian kemarin harus kita lihat lagi, apa yang kurang. Saya yakin, ahli-ahli kita bisa, dan kalau perlu mendatangkan," kata Boediono di Pendopo Gubernur Aceh, Jumat (13/4/2012).

Dia menambahkan, perlu ya perbaikan antisipasi bencana tak hanya di Aceh, tapi juga daerah-daerah lain, seperti Mentawai dan daerah sepanjang pantai barat Sumatera, serta Jawa Barat.

Dalam kunjungan di Banda Aceh itu, sedianya Boediono akan mengunjungi infrastruktur sistem peringatan dini tsunami di Banda Aceh. Namun, rencana tersebut dibatalkan. Skitar pukul 10.30, Boediono berangkat ke Bandara Sultan Iskandar Muda, Banda Aceh untuk melanjutkan perjalanan ke Medan. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com