Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pascagempa, 31 Napi LP Benteng Sigli Belum Kembali

Kompas.com - 12/04/2012, 23:00 WIB
Daspriani Y Zamzami

Penulis

BANDA ACEH, KOMPAS.com - Sebanyak 31 narapidana penghuni Lembaga Pemasyarakat (LP) Benteng, kota Sigli, Kabupaten Pidie, Aceh masih belum kembali. Mereka dilepas petugas lapas saat gempa mengguncang Aceh, Rabu (11/4/2012) sore lalu.

Kepala Devisi LP Kanwil Depkumham Aceh, Jauhari, mengatakan, dari 221 narapidana yang dilepas untuk menyelamatkan diri, sebanyak 31 napi hingga Kamis (12/4/2012) belum kembali dan melapor. " Mereka dilepas agar bisa menyelamatkan diri menyusul adanya ancaman tsunami pascagempa kuat, apalagi LP tersebut tidak jauh dari bibir pantai," kata Jauhari saat dikonfirmasi, Kamis (12/4/2012).

Menurut Jauhari, petugas LP awalnya hanya mengeluarkan para napi dan meminta para napi untuk berkumpul di lapangan tengah komplek LP. Namun saat gempa kedua menyusul para napi mendengar kepanikan diluar LP, sehingga petugas berinisiatif melepaskan mereka untuk menyelamatkan diri. "Petugas juga memilih untuk menyelamatkan diri karena memang lokasi di sana hanya berjarak sekitar 60 hingga 70 meter dari pantai," ujar Jauhari.

Setelah situasi terlihat normal, para napi satu persatu kembali ke LP. Hingga Kamis sore ini tercatat hanya 31 orang lagi yang belum kembali. "Status mereka macam-macam, ada napi, tahanan polisi, tahanan jaksa, dan tahanan hakim," sebutnya.

Pihak Lembaga Pemasyarakatan sudah berkordinasi dengan kepolisian untuk mencari keberadaan napi-napi tersebut. Jauhari mengatakan para napi diberi waktu hingga tiga hari ke depan untuk kembali ke LP, jika tidak pihaknya akan memberi tindakan disiplin seperti mengurangi masa remisi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com