Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Iklim Cuaca Ekstrem Masih Mengancam Lampung

Kompas.com - 12/04/2012, 18:42 WIB
Yulvianus Harjono

Penulis

BANDAR LAMPUNG, KOMPAS.com Pada musim pancaroba atau peralihan dari musim hujan ke kemarau ini, cuaca ekstrem masih berpeluang terjadi di wilayah Lampung. Sejumlah daerah di Lampung bagian barat laut masih diguyur hujan deras, yang mengakibatkan banjir beberapa hari terakhir.

Hal itu disampaikan Kepala Seksi Observasi dan Informasi BMKG Lampung Muhammad Nurhuda, Kamis (12/4/2012).

Menurut dia, pada musim pancaroba ini, masyarakat juga diimbau untuk waspada dan menjaga kesehatannya pada pergantian musim ini. Pada musim pancaroba pertengahan April ini, cuaca bisa berubah sewaktu-waktu, dari panas, tiba-tiba turun hujan deras.

Kondisi ini juga bisa memicu timbulnya angin puting beliung. Akibat masih ekstremnya cuaca, sepekan terakhir setidaknya terjadi dua kali banjir di Way Kanan, Lampung.

Banjir akibat luapan Sungai Way Besai dan Way Umpu tersebut merendam puluhan rumah di Way Kanan, Selasa (10/4/2012). Hingga Kamis ini, ketinggian banjir di Negararatu, Way Kanan, masih mencapai sekitar 50 sentimeter hingga 100 sentimeter karena hujan yang masih terjadi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com