Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bawa Kayu Rimba Curian, Sule Ditangkap

Kompas.com - 10/04/2012, 20:43 WIB
Ahmad Faisol

Penulis

SITUBONDO, KOMPAS.com - Sule alias Tosi (40) tak dapat mengelak ketika ditangkap petugas gabungan Perhutani. Warga Desa Alastengah, Kecamatan Sumbermalang, Situbondo, itu tertangkap tangan sedang membawa kayu curian di jalan Desa Semambung, Kecamatan Jatibanteng, Kabupaten Situbondo, Jawa Timur, Selasa (10/4/2012).

Petugas gabungan Kepala Resor Polisi Hutan (KRPH) Sumbermalang, Jatibanteng, serta petugas KRPH Wringin Bondowoso juga berhasil mengamankan barang bukti berupa 30 batang kayu rimba yang sudah berbentuk usuk berukuran 4 x 6 x 260 cm. Sule dan barang buktinya digelandang ke Mapolres Situbondo

"Saya tidak mencuri kayu rimba tersebut, melainkan membeli kepada Lutfi dengan harga Rp 50.000. Maunya akan digunakan sendiri, namun karena tidak punya uang akhirnya kayu rimba yang sudah menjadi usuk itu saya jual," kata Sule.

Menurut Yunis, salah seorang petugas Perhutani, Sule tak sendirian. Empat teman Sule berhasil kabur dengan kayu curian. "Sebetulnya ada lima orang yang diketahui pada saat itu membawa kayu rimba. Namun, empat orang yang lain kabur begitu mengetahui ada petugas. Sule berhasil ditangkap, meski sebelumnya berusaha untuk kabur," katanya.

Kepala Satuan Reserse Kriminal Polres Sumbermalang Ajun Komisaris Sunarto membenarkan adanya penangkapan tersangka penadah kayu curian dengan tersangka Sule. "Tersangka ditangkap oleh petugas gabungan Perhutani karena saat ditangkap tersangka tidak dapat menunjukkan dokumen sah kepemilikan kayu rimba tersebut," kata Sunarto.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com