Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hari Kesehatan Sedunia, Tingkatkan Layanan Warga Lansia

Kompas.com - 09/04/2012, 19:06 WIB
Yulvianus Harjono

Penulis

BANDAR LAMPUNG, KOMPAS.com — Berkaitan dengan Hari Kesehatan Dunia, jajaran Dinas Kesehatan Lampung diminta untuk meningkatkan pelayanan kesehatan warga lanjut usia.

"Peringatan Hari Kesehatan Sedunia kita jadikan momentum untuk membangun kesadaran dan komitmen bersama untuk menciptakan kebijakan, lingkungan, dan pelayanan kesehatan yang ramah bagi para warga lanjut usia (lansia)," ujar Reihana, Kepala Dinas Kesehatan Lampung, dalam siaran persnya, Senin (9/4/2012), di Bandar Lampung.

Hari Kesehatan Sedunia diperingati setiap 7 April. Pada tahun ini, ungkap Reihana, peringatan Hari Kesehatan Sedunia mengambil tema "Menuju Tua: Sehat, Mandiri, dan Produktif".

"Tema tersebut dipilih berdasarkan adanya keinginan bersama bahwa warga lansia harus tetap menjalankan gaya hidup sehat serta terlibat dan berkontribusi dalam kehidupan sosial masyarakat. Kebutuhan pelayanan kesehatan, lingkungan, dan fasilitas umum yang ramah warga lansia harus menjadi agenda prioritas pembangunan," ungkapnya.

Reihana menambahkan, pihaknya telah memerintahkan jajarannya untuk menyusun program-program yang dapat meningkatkan kesehatan warga lansia. Setidaknya ada dua persoalan utama kesehatan warga lansia, yaitu roblem geriatri berupa gangguan gerak, mudah jatuh, pikun, dan penyendiri.

Lalu, problem organik, di antaranya berupa gangguan pada organ jantung atau penyakit koroner. Jumlah warga lansia di Lampung diperkirakan mencapai 742.581 orang atau 9,8 persen dari total penduduk Lampung.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com