Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Disdik Kaltim Distribusikan Soal UN SMA/Sederajat

Kompas.com - 09/04/2012, 16:30 WIB

SAMARINDA, KOMPAS.com - Dinas Pendidikan Kalimantan Timur, Senin, mulai mendistribusikan soal ujian nasional tingkat SMA/sederajat ke sejumlah daerah.

"Distribusi soal UN dimulai hari ini (Senin). Diutamakan pada wilayah utara di Provinsi Kaltim, yakni Kabupaten Berau, Bulungan, Tana Tidung, Tarakan, Malinau, dan Nunukan," ujar Wakil Ketua Penyelenggara UN Provinsi Kaltim Hidayatullah di Samarinda, Senin (9/4/2012).

Hidayatullah yang juga Kepala UPTD Telekomunikasi dan Informasi Pendidikan Dinas Pendidikan Kaltim melanjutkan, pada 10 April distribusi akan dilanjutkan ke Penajaman Paser Utara, Paser, Kutai Barat, Kutai Timur, Kutai Kartanegara, Bontang, dan Balikpapan.

"Sedangkan untuk Kota Samarinda yang lokasinya dekat, distribusi akan dilakukan paling akhir pada 11 April," katanya.

Dia juga mengatakan jadwal UN 2012 untuk SMA/sederajat akan dilaksanakan 16-18 April, sedangkan UN susulan pada 23-26 April 2012.

UN SMP/MTs dan SMPLB dilaksanakan 23-26 April, dan UN susulan 30 April-4 Mei 2012. Sedangkan untuk jenjang SD/MI/SDLB, UN akan digelar 7-9 Mei dan UN susulan 14-16 Mei 2012.

Selama proses distribusi, lanjutnya, untuk keamanan dan kerahasian soal, akan dikawal aparat kepolisian dan unsur perguruan tinggi yang diwakili oleh Universitas Mulawaraman.

Selama proses distribusi soal mulai dari panitia UN tingkat provinsi, semua tanggung jawab berada di Dinas Pendidikan Kaltim.

Namun setelah soal diserahkan ke Dinas Pendidikan di masing-masing daerah, semua tanggung jawab dan keamanannya diserahkan kepada Dinas Pendidikan terkait, termasuk masalah distribusi soal hingga ke masing-masing sekolah.

Di Kaltim, katanya, ada beberapa kecamatan yang belum dapat diakses menggunakan jalan darat maupun melalui sungai, sehingga satu-satunya cara yang harus ditempuh adalah menggunakan pesawat udara.

Wilayah yang distribusi soal harus menggunakan pesawat udara itu adalah Kecamatan Krayan di Kabupaten Nunukan, kemudian Kecamatan Kayan Hulu dan Kecamatan Kayan Hilir di Kabupaten Malinau.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com