Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Uni Eropa Nilai Pilkada Aceh Demokratis

Kompas.com - 09/04/2012, 14:15 WIB
Daspriani Y Zamzami

Penulis

BANDA ACEH, KOMPAS.com - Dinamika demokrasi masyarakat Aceh dinilai sangat dinamis dan cenderung membaik. Ini tercermin dalam proses pemilihan kepala daerah di Aceh yang dilaksanakan hari ini.

Hal ini diungkapkan Juha Christensen, pemantau pemilihan kepala daerah (pilkada) Aceh dari Uni Eropa. Menurut nya, proses menuju hari pemilihan yang panjang, membuahkan hasil yang baik bagi perbaikan demokrasi di kalangan masyarakat.

"Begitu pula dari sisi politis, kehadiran partai lokal dalam pelaksanaan pilkada Aceh kali ini juga membawa proses demokrasi menjadi lebih baik dari sebelumnya, di mana di sini kita akan melihat bagaimana masyarakat memilih dengan baik," jelas Christensen, saat menyaksikan proses pencoblosan di TPS Kampung Baru, Kota Banda Aceh, Senin (9/4/2012).

Berbagai persaingan politik yang terjadi di lapangan, terutama saat masa kampanye berangsung, dinilai Christensen, adalah dinamika politik yang wajar. "Namun, ada yang disayangkan memang. Terjadi upaya-upaya ke arah intimidasi bagi masyarakat, dan ini tidak baik," ujar pria asal Finlandia ini.

Pelaksanaan pilkada Aceh dipantau oeh tiga lembaga internasional, masing-masing Anfrel (Asian Network for Free Elections) serta pemantau dari Uni Eropa dan Amerika Serikat. Selain itu, beberapa lembaga lokal memantau proses pilkada ini, di antaranya Komnas HAM dan Aceh Institute.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com