Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pendataan E-KTP di 3 Kota di Jatim Tuntas

Kompas.com - 09/04/2012, 09:40 WIB
Achmad Faizal

Penulis

SURABAYA, KOMPAS.com - Tiga kota di Jawa Timur yakni Kota Blitar, Kota Pasuruan, dan Kota Mojokerto telah merampungkan pengambilan data e-KTP. Tiga kota itu adalah dari 12 daerah target pengambilan data e-KTP tahap pertama di Jawa Timur hingga akhir April tahun ini.

Kinerja ketiga kota tersebut akan diapresiasi Menteri Dalam Negeri Gamawan Fauzi yang direncanakan berkunjung ke Jawa Timur, Senin (9/4/2012). Mendagri akan memberikan penghargaan kepada daerah yang sudah 100 persen melakukan pengambilan data e-KTP.

Menurut Kasi Pengelolaan dan Informasi Penduduk, Dinas Tenaga Kerja, Transmigrasi dan Kependudukan Pemprov Jawa Timur, Sambudi, progres pengambilan data di sembilan kabupaten/kota sisanya, sudah mencapai lebih dari 63 persen. "Akhir bulan ini, kami optimistis pengambilan data sisanya akan terealisasi 100 persen," katanya, Senin (9/4/2012).

Keyakinannya karena dari sembilan kabupaten/kota yang masih melakukan pengambilan data, tujuh di antaranya sudah mencapai di atas 50 persen. Ketujuh wilayah itu adalah, Sidoarjo (70,95 persen), Ngawi (68,33 persen), Pamekasan (74 persen), Kota Kediri (71,37 persen), Kabupaten Malang (63,34 persen), Kota Madiun (74,24 persen), dan Kota Batu (81 persen).

Dua daerah yang progresnya di bawah 50 persen yakni, Sampang (44,07 persen), dan Surabaya (38,40 persen).

Untuk mempercepat pengambilan data kata Sambudi, peralatan elektronik e-KTP di daerah yang sudah selesai, akan dipindah ke daerah yang belum selesai. "Di Surabaya, bahkan di seluruh Kecamatan saat ini ada tiga unit alat e-KTP, sebelumnya hanya ada dua," ujar Sambudi.

Selain untuk memperoleh data akurat kependudukan, program e-KTP diyakini juga mendukung kesuksesan Pemilu 2014, karena tidak akan ada lagi pemilih ganda yang dapat memilih di lebih dari satu tempat pemugutan suara.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com