Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Logistik Pilkada Aceh Sudah Didistribusikan

Kompas.com - 08/04/2012, 15:11 WIB
Daspriani Y Zamzami

Penulis

BANDA ACEH, KOMPAS.com - Sehari menjelang pelaksanaan Pilkada di Aceh, proses pendistribusian logistik memasuki tahap akhir. Semua logistik untuk pilkada dipastikan sudah berada di tempat aman di semua lokasi Tempat Pemungutan Suara (TPS).

Termasuk pendistribusian logistik oleh KIP Kabupaten Aceh Besar ke wilayan kepualauan. Minggu (8/4/2012), sejak pagi petugas terlihat tengah mendistribusikan logistik untuk Kecamatan Pulau Aceh.

"Distribusi ke Kecamatan Pulau Aceh memang selalu dilakukan sehari sebelum pecoblosan. Ini dilakukan untuk mengantisipasi hal-hal yang terkait dengan kecurangan," jelas Thabran, Camat Kecamatan Pulau Aceh.

Untuk mendistribusikan logistik pemilukada, pihak KPPS menggunakan perahu motor, karena untuk menuju Pulau Aceh harus menggunakan jalur laut.

"Semua proses berjalan lancar dan dipastikan masyarakat di Pulau Aceh akan bisa melakukan pencoblosan sesuai dengan jadwalnya," ujar Thabran.

Di Kecamatan Pulau Aceh sendiri terdapat 17 Tempat Pemungutan Suara (TPS) dengan jumlah pemilih sebanyak 3.085 jiwa. Dan untuk pengamanan sendiri, ada 25 personil kepolisian yang ditempatkan di TPS-TPS untuk mengamanakan proses pemilihan kepala daerah tersebut.

Sementara itu, Ketua Perencanaan Program Keuangan dan Logistik KIP Robby Syah Putra menjelaskan sejak Kamis (5/4/2012) lalu, semua logistik Pemilukada sudah tersebar di kabupaten/kota termasuk di Simeulue.

"Logistik saat ini sudah berada di dekat TPS," ujarnya.

Meskipun demikian, Robby mencatat terdapat beberapa kerusakan pada surat suara saat sampai di tujuan.

"Namun sejak hari Sabtu (7/4/2012) penggantian surat suara yang rusak sudah selesai. Pihak percetakan sendiri sudah menyiapkan 3.000 cadangan surat suara yang rusak. Surat-surat yang rusak itu akan dimusnahkan setelah ada berita acara," ujarnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com