Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tips Merebus Telur Agar Matang Sempurna

Kompas.com - 08/04/2012, 09:55 WIB

KOMPAS.com - Saat Paskah, telur rebus utuh dengan cangkang yang mulus cantik untuk dihias dengan berbagai warna-warni cat minyak rasanya sangat dinanti oleh anak-anak. Namun, sayangnya ketika merebus telur ayam ini seringkali kurang matang di dalamnya, putih telurnya merembes keluar, atau cangkangnya retak.

Berikut beberapa cara yang bisa dilakukan untuk menghasilkan telur dengan tekstur telur yang kenyal, dan cangkang tidak retak.

1. Beri jarak antar telur.
Sebaiknya beri jarak antara satu telur dengan telur yang lain. Jangan masukkan terlalu banyak telur dalam satu panci, karena hal ini bisa menyebabkan telur "menabrak" satu sama lainnya sehingga kulit mungkin akan retak dan putih telurnya merembes keluar. Selain itu, pastikan beri air sampai melebihi tinggi telur, atau sampai telur tenggelam.

2. Jangan memasak telur terlalu lama.
Banyak orang memasak telur terlalu lama untuk memastikan telurnya matang merata, terutama bagian kuning telurnya. Namun ternyata, memasak telur terlalu lama bisa menyebabkan telur memiliki tekstur yang mirip karet. "10 menit sudah cukup untuk mematangkan telur ini," ungkap Hillary Meyer, food editor lulusan New England Culinary Institute dalam artikelnya How to Perfectly Hard Boil Eggs for Easter Eggs.

Jika ingin telur yang sedikit lebih lunak, maka kurangi saja empat menit dari waktu yang diperlukan. Setelah 10 menit, maka rendam telur dalam air dingin sampai telur benar-benar dalam kondisi dingin. Hal ini akan mempermudah proses pengupasan telur nantinya.

3. "Normalkan" suhu telur.
Jangan langsung merebus telur yang baru saja dikeluarkan dari lemari es. Gunakan telur yang segar dan suhu yang normal atau suhu kamar. Diamkan sejenak ketika telur keluar dari kulkas sampai suhunya normal. Telur yang baru keluar dari lemari es ini bisa membuat telur matang lebih lama, dan juga akan membuat risiko telur rusak lebih besar.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com