Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

2012 Orang Memikul Salib di Minahasa Utara

Kompas.com - 07/04/2012, 19:00 WIB
Jean Rizal Layuck

Penulis

MANADO, KOMPAS.com -- Perayaan Paskah di Minahasa Utara, Sulawesi Utara, berlangsung semarak ketika 2012 orang memikul salib sejauh lima kilometer, Sabtu (7/4/2012) pukul 14.00 Wita. Atraksi memikul salib merupakan refleksi ritual Yesus Kristus dalam perjalanan sengsara sampai ke bukit Golgota. Jumlah 2012 sesuai tahun masehi.

Kegiatan memikul salib sebanyak 2012 orang menarik perhatian warga yang memenuhi jalur jalan Manado-Bitung. Mereka menyaksikan atraksi dari pinggir jalan membuat ruas Manado-Bitung lumpuh selama empat jam.

Polisi terpaksa mengalihkan kendaraan dari Bitung melewati kawasan Treman, Kauditan, sedangkan kendaraan dari Manado melewati jalur Paniki. Meski demikian, kemacetan tak terhindarkan karena ruas jalan itupun dipenuhi warga desa yang juga merayakan Paskah.

Patria Pombengi, panitia penyelenggara, menjelaskan bahwa kegiatan itu dilaksanakan oleh organisasi Pemuda GMIM wilayah Kalawat, Minahasa Utara.

"Kami mohon maaf kepada masyarakat pengguna jalan akibat kemacetan," katanya.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com