Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Banjir 1 Meter, Sampang Lumpuh

Kompas.com - 07/04/2012, 15:08 WIB
Taufiqurrahman

Penulis

SAMPANG, KOMPAS.com — Banjir dengan ketinggian air mencapai 1 meter yang melanda Kabupaten Sampang, Jawa Timur, Sabtu (7/4/2012), melumpuhkan semua aktivitas di kota di Pulau Madura itu. Kali Kemuning yang membentang di dalam kota sudah tidak mampu menampung debit air dari beberapa anak sungai.

Arus lalu lintas yang menghubungkan beberapa kecamatan dan akses jalan menuju Kabupaten Pamekasan dan Kabupaten Bangkala semuanya lumpuh. Kompleks pertokoan di sepanjang Jalan Imam Bonjol juga tutup.

"Kami ini sudah capek dan pasrah dengan kondisi seringnya banjir di Sampang. Saya berharap mata pemerintah terbuka dengan kondisi seperti ini," keluh Budi Raharjo (45), warga Desa Pangung, Kecamatan Kota Sampang.

Banjir juga menghambat proses belajar mengajar. Beberapa sekolah terpaksa meliburkan siswanya, seperti di SDN Pangung, SDN Pasean, SDN Delpenang, SDN Gunung Madeh, SMPN 6, serta SMKN 1 Sampang.

"Sekolah kami terendam banjir dan hari ini yang paling parah. Siswa semuanya libur," ungkap Ika, siswa SMKN 1 Sampang.

Sementara Soleh (30), warga Jalan Mawar, Sampang, mengemas barang-barang elektronik dan barang berharga lainnya untuk diamankan di tempat yang lebih tinggi.

"Saya pilih mengungsi saja karena semakin lama air ini semakin meninggi," terangnya.

Sampai berita ini ditulis, belum ada upaya penanggulangan dari Badan Pencegahan dan Penanggulangan Bencana Daerah (BPPBD) Sampang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com