Honorarium Petugas Panwas Belum Tuntas Dibayar

Kompas.com - 05/04/2012, 18:58 WIB
|
EditorAgus Mulyadi

BANDA ACEH KOMPAS.com - Masalah dana honorarium petugas pengawas pemilihan (panwas) dalam Pemilihan Kepala Daerah Aceh 2012 hingga tiga hari menjelang pemungutan suara, belum tuntas. Sejumlah daerah masih mengalami kekurangan anggaran untuk menutup kebutuhan tersebut.

"Dalam rapat koordinasi dengan KIP Aceh, Pemerintah Provinsi Aceh, KIP kabupaten dan kota, dan muspida di Aceh, Rabu (4/4/2012) kemarin memang masih ditemukan kendala anggaran. Beberapa daerah menyampaikan hal itu," kata Ketua Panwas Aceh, Teuku Nyak Arif, Fadillah, Kamis (5/4/2012).

Daerah-daerah yang masih mengalami kekurangan anggaran pengawasan di antaranya Kota Lhokseumawe, Kabupaten Pidie, Aceh Besar, Aceh Utara, dan Simeulue. Daerah-daerah tersebut melaporkan bahwa dana kas yang mereka miliki sudah habis. Padahal mereka harus membayar honor pengawas kabupaten dan kota, kecamatan, dan pengawas di lapangan.

Dalam rakor di Banda Aceh yang dihadiri Penjabat Gubernur Aceh tersebut, sudah dicapai titik temu. Merujuk kepada Peraturan Gubernur Aceh, kebutuhan anggaran untuk penambahan masa kerja, honorarium, dan logistik pilkada, diserahkan kepada masing-masing pemerintah kabupaten dan kota dan dibantu dengan dana berbantuan (sharing) dari pemerintah provinsi.

"Semoga dengan titik temu ini masalah anggaran tersebut terselesaikan. Mungkin akan ada keterlambatan-keterlambatan, tapi insya Allah akan bisa diatasi. Intinya, secara prinsip sudah diatasi," kata Teuku Nyak Arif.

Jumlah petugas pengawas lapangan di 23 kabupaten dan kota di Acehsebanyak 6.497 orang, jumlah pengawas kecamatan sebanyak 849 orang. Lalu, di tiap kabupaten dan kota ada sebanyak lima pengawas, ditambah lima anggota pengawas tingkat provinsi.

 

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baca tentang


    26th

    Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

    Terkini Lainnya

    komentar di artikel lainnya
    Close Ads X
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.