Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Polda Sulut Siapkan Petugas Mengamankan Gereja

Kompas.com - 05/04/2012, 11:04 WIB
Jean Rizal Layuck

Penulis

MANADO, KOMPAS.com — Kepolisian Daerah Sulawesi Utara menurunkan ribuan petugas untuk mengamankan perayaan ritual umat Kristen, Jumat Agung hingga Paskah, pada Minggu (8/4/2012). Setiap gereja mendapat pengawalan seorang hingga dua orang petugas polisi.

Kepala Bidang Hubungan Masyarakat Polda Sulut Ajun Komisaris Besar Daniel Adare, Kamis (5/4/2012), mengatakan, fokus pengamanan dilakukan di Kota Manado, Minahasa, Bitung, serta Sangihe, konsentrasi umat Nasrani terbesar di Sulawesi Utara. "Hampir 10.000 gereja berada di wilayah ini," katanya.

Meski demikian, ujar Adare, Polda sangat berharap pengamanan dari masyarakat untuk menjaga bersama kestabilan wilayahnya. Seperti pengalaman tahun sebelumnya, masyarakat sangat membantu pengamanan gereja.

Menurut pemantauan, suasana menjelang Jumat Agung dan Paskah tampak kondusif. Masyarakat antusias menyambut perayaan Jumat Agung dan Paskah dengan membersihkan dan mengecat gereja yang kemudian dihiasi ornamen Paskah.

Polresta Kota Manado dalam sepekan belakangan juga melakukan patroli keamanan hingga ke sudut kota. Polisi juga melakukan razia minuman keras di sejumlah warung milik warga. Ratusan botol minuman keras disita petugas.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com