Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
PENDIDIKAN

Warga Moro-Moro Bangun TPA Swadaya

Kompas.com - 03/04/2012, 15:31 WIB
Yulvianus Harjono

Penulis

MESUJI, KOMPAS.com -- Setelah berhasil membangun layanan pendidikan swadaya mulai tingkat usia dini hingga menengah pertama, warga Moro-Moro Way Serdang, Kabupaten Mesuji, Lampung, mulai membangun Taman Pendidikan Al-Qur'an (TPA).

"Pembangunan TPA itu dilakukan secara bergotong royong oleh warga. Kami memprogramkan pembangunan TPA setelah melihat respons yang luar biasa dari anak-anak untuk belajar agama," kata Komang, dari Persatuan Petani Miskin Moro-Moro Way Serdang (PPMWS), Selasa (3/4/2012) di Mesuji.

Ia menjelaskan,TPA tersebut dirintis oleh seorang warga Moro-Moro yang baru kembali dari pesantren di Jombang, Jawa Timur. Sekitar 60 anak di kawasan sengketa tanah ini yang mengaji setiap sore.

"Saat ini kami sudah berhasil mengumpulkan material bangunan berupa bata, kayu, dan pasir. Kami mengajak masyarakat luas untuk bergabung dalam gerakan gotong-royong ini. Kami ingin anak-anak di Moro-Moro cerdas secara ilmu pengetahuan dan juga memiliki pemahaman yang baik dibidang agama," tuturnya.

Rencananya, warga setempat akan membangun dua kelas yang terintegrasi dengan mushalla, sehingga akan menjadi pusat kegiatan agama bagi anak-anak di Moro-Moro. Selama ini, akibat keberadaan mereka tidak diakui pemerintah setempat karena dianggap ilegal menempati kawasan Hutan Register 45 yang kini tengah disengketekan, warga Moro-Moro terpaksa mendirikan berbagai fasilitas pendidikan dan kesehatan secara mandiri.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com