Jalur KA Purwokerto-Yogyakarta Lumpuh

Kompas.com - 30/03/2012, 16:31 WIB
|
EditorAgus Mulyadi

PURWOKERTO, KOMPAS.com - Jalur kereta api lintas selatan Jawa Tengah yang menghubungkan Purwokerto-Yogyakarta, Jumat (30/3/2012), lumpuh selama tiga jam. Itu terjadi sebagai buntut didudukinya lintasan kereta api di dekat Stasiun Purwokerto oleh ratusan mahasiswa.

Sejauh ini sudah ada dua kereta api yang terhambat, masing-masing KA Sawunggalih Utama dan KA Taksaka jurusan jakarta-Yogyakarta. Jika aksi ini berlanjut hingga malahm hari, setidaknya puluhan perjalanan KA akan terhambat.

Massa nekat menduduki jalur kereta api di setalah Stasiun Purwokerto sejak pukul 13.00 WIB. Mereka membakar ban dan setidaknya lima pembatas jalan dari plastik. Api membubung tinggi hingga saat ini.

Menurut Kepala Humas PT Kereta Api Daerah Operasional V Purwokerto, Surono, blokade rel kereta tersebut, menyebabkan operasional kereta api di jalur utama selatan Jawa. "Saya menyesalkan aksi mahasiswa ini, karena sudah termasuk mengganggu fasilitas umum," katanya.

Hingga pukul 16.00 WIB, aksi pendudukan jalur kereta api ini masih berlanjut, mahasiswa sempat menggelar shalat Ashar di perlintasan kereta api.

Mahasiswa berencana menggelaar aksi hingga malam hari untuk mengawal sidang paripurna pemutusan kenaikan harga BBM.

Saat ini, aksi pendudukan rel kereta api masih dilakukan massa. mereka berorasi bergantian. beberapa elemen yang bergabung yakni PMII, PMKRI, dan KAMMI. Aksi tersebut masih dijaga ratusan polisi.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.