Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jalur KA Purwokerto-Yogyakarta Lumpuh

Kompas.com - 30/03/2012, 16:31 WIB
Gregorius Magnus Finesso

Penulis

PURWOKERTO, KOMPAS.com - Jalur kereta api lintas selatan Jawa Tengah yang menghubungkan Purwokerto-Yogyakarta, Jumat (30/3/2012), lumpuh selama tiga jam. Itu terjadi sebagai buntut didudukinya lintasan kereta api di dekat Stasiun Purwokerto oleh ratusan mahasiswa.

Sejauh ini sudah ada dua kereta api yang terhambat, masing-masing KA Sawunggalih Utama dan KA Taksaka jurusan jakarta-Yogyakarta. Jika aksi ini berlanjut hingga malahm hari, setidaknya puluhan perjalanan KA akan terhambat.

Massa nekat menduduki jalur kereta api di setalah Stasiun Purwokerto sejak pukul 13.00 WIB. Mereka membakar ban dan setidaknya lima pembatas jalan dari plastik. Api membubung tinggi hingga saat ini.

Menurut Kepala Humas PT Kereta Api Daerah Operasional V Purwokerto, Surono, blokade rel kereta tersebut, menyebabkan operasional kereta api di jalur utama selatan Jawa. "Saya menyesalkan aksi mahasiswa ini, karena sudah termasuk mengganggu fasilitas umum," katanya.

Hingga pukul 16.00 WIB, aksi pendudukan jalur kereta api ini masih berlanjut, mahasiswa sempat menggelar shalat Ashar di perlintasan kereta api.

Mahasiswa berencana menggelaar aksi hingga malam hari untuk mengawal sidang paripurna pemutusan kenaikan harga BBM.

Saat ini, aksi pendudukan rel kereta api masih dilakukan massa. mereka berorasi bergantian. beberapa elemen yang bergabung yakni PMII, PMKRI, dan KAMMI. Aksi tersebut masih dijaga ratusan polisi.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com