Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dua Warga Lotim Disengat Tomcat

Kompas.com - 30/03/2012, 16:04 WIB
Khaerul Anwar

Penulis

MATARAM, KOMPAS.com - Junaidi dan Sulhani, dua warga Desa Masbagik, Lombok Timur (Lotim), terkena sengatan Tomcat pada lengan kanan mereka. Akibatnya, lengan mereka luka melepuh atau radang kulit (dermatitis) ringan.

"Setelah diobati dengan salep, luka-lukanya berangsur-angsur sembuh," ujar drh Ahsan, anggota Tim Penanggulangan Bencana Pemkab Lotim, Jumat (30/3/2012) di Mataram. Keduanya kini sudah diizinkan pulang

Kejadian itu berlangsung Kamis malam, sekitar pukul 19.00. Saat itu serangga ini mengejar sinar lampu listrik di rumah Junaidi, kemudian serangga itu hinggap di lengannya. Junaidi serta merta menepis serangga itu.

Belakangan diketahui lengan Junaidi melepuh dan dibawa ke Puskesmas terdekat, dan dirujuk untuk menjalani pengobatan di Rumah Sakit Umum dr Sudjono di Selong, Ibu Kota Lotim.

Kepala Dinas Pertanian Lombok Timur, Ir Chalid Tarmizi, mengatakan, serangga Tomcat merupakan pemangsa hama wereng, senang pada tempat yang diterangi lampu, dan serangga itu akan pergi jika lampu dimatikan.

Serangga ini akan hilang dengan sendirinya, menyusul berakhirnya panen padi di satu lokasi, kemudian mencari sawah yang ditanami padi guna mendapatkan mangsanya, yaitu hama wereng. Dengan areal panen hingga Maret ini yang mencapai 50 persen dari total areal tanam 14.000 ha padi, serangga itu dipastikan kian berkurang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com