Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Inilah Hitungan Biaya Produksi Baju Jokowi

Kompas.com - 30/03/2012, 12:22 WIB
Penulis Sri Rejeki
|
EditorMarcus Suprihadi

SOLO, KOMPAS.com — Bakal calon gubernur DKI Jakarta, Joko Widodo, berencana memproduksi secara massal kemeja kotak-kotak seperti yang dipakainya saat mendaftar ke KPU DKI Jakarta beberapa waktu lalu. Kemeja kotak-kotak itu kini seolah menjadi trade mark Jokowi, panggilan Joko Widodo, dan pasangannya, Basuki Tjahaya Purnama (Ahok).

Rencananya, Jokowi akan memproduksi 6.000 potong kemeja untuk tahap awal. Semuanya diproduksi di Kota Solo dan sekitarnya, antara lain di pusat usaha kecil menengah konveksi di Kalioso di Kabupaten Karanganyar dan Kalijambe di Kabupaten  Sragen.

Ia merelakan satu dari dua kemeja kotak-kotaknya sebagai contoh kepada penjahit. Harga kemeja yang digunakan Jokowi-Ahok lalu dibeli di sebuah toko di Pasar Tanah Abang dengan harga Rp 400.000 untuk tiga kemeja atau rata-rata Rp 135.000 per potong.

Untuk kemeja yang akan diproduksi nanti, akan dijual dengan harga sekitar Rp 75.000-Rp 100.000 per potong.

Menurut Jokowi, modal satu kemeja kurang lebih Rp 45.000, yakni bahan kemeja Rp 30.000 per potong dan ongkos jahit Rp 15.000. Dengan harga jual kemeja sekitar Rp 75.000-Rp 100.000 per potong, dari 6.000 kemeja yang habis terjual akan diperoleh keuntungan sekitar Rp 180 juta-Rp 330 juta yang akan dimanfaatkan untuk mendanai kampanye.

"Setelah produksi 6.000 kemeja, akan saya lanjutkan bikin 70.000 kemeja lagi. Habis itu, buat lagi 200.000 lalu 500.000 kemeja, begitu seterusnya," kata Jokowi, Jumat (30/3/2012).

Untuk produksi 70.000 kemeja, bahannya telah disiapkan dan dibeli dari Jakarta. Produksi tahap awal telah dimulai sejak empat hari lalu.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+


    27th

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Verifikasi akun KG Media ID
    Verifikasi akun KG Media ID

    Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

    Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.