Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

SPN, Mahasiswa, HTI Demo di Depan Gedung Sate

Kompas.com - 29/03/2012, 11:48 WIB
Didit Putra Erlangga Rahardjo

Penulis

BANDUNG, KOMPAS.com — Setidaknya 1.000 orang dari Serikat Pekerja Nasional berunjuk rasa di depan Gedung Sate, Bandung, Kamis (29/3/2012).

Dengan menggunakan mobil pikap bermuatan perangkat pengeras suara, orator meneriakkan kecaman terhadap pemerintah yang keukeuh meneruskan rencana menaikkan harga BBM bersubsidi. Mobil tersebut dikelilingi massa berseragam warna biru dengan logo SPN di punggung mereka.

Dalam rilis yang mereka sebarkan, kebijakan untuk menaikkan harga BBM bersubsidi dianggap sebagai pelanggaran terhadap konstitusi negara, penyelamatan citra pemerintah semata, dan penyelamatan ekonomi oleh perusahaan asing.

Beberapa saat sebelumnya, di tempat yang sama juga digelar unjuk rasa oleh massa dari HTI. Dengan membawa tuntutan yang sama, mereka terlebih dahulu usai kemudian memberi tempat bagi pengunjuk rasa berikutnya.

Selain SPN, massa dari kelompok lain juga bergabung, seperti Mahasiswa Demokrasi Indonesia dan Solidaritas Pekerja Demokrat Indonesia. Menggunakan seragam warna merah, halaman Gedung Sate dipenuhi warna biru dan merah yang berbaur.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com