Patung Pagaralam Juga Dibuat di Bandar Lampung - Kompas.com

Patung Pagaralam Juga Dibuat di Bandar Lampung

Kompas.com - 27/03/2012, 18:00 WIB

BANDAR LAMPUNG, KOMPAS.com — Di tengah gejolak masyarakat akibat pembangunan patung Zainal Abidin Pagaralam di Kalianda, patung serupa juga dibangun di Kota Bandar Lampung. Nyaris serupa dengan patung yang dibangun lebih dahulu di Lampung Selatan, patung gubernur kedua Lampung ini juga telah berdiri tegak di pertigaan Jalan ZA Pagaralam dan Jalan Sultan Agung, Bandar Lampung.

Berdasarkan pantauan, Selasa (27/3/2012), pembangunan Monumen ZA Pagaralam ini nyaris selesai. Wujud patung terbuat dari perunggu setinggi sekitar 5 meter ini telah terbentuk. Hanya tersisa pengerjaan plakat atau grafir yang ada di bawah patung ini.

Namun, kontras dengan di Kalianda, belum ada gejolak sosial terkait pembangunan patung ZA Pagaralam di Bandar Lampung ini.

Menurut Kabag Humas Pemkot Bandar Lampung, Paryanto, pembuatan patung itu tidak mengambil dana APBD. "Itu merupakan sumbangan dari perusahaan-perusahaan," ujarnya. Sedangkan patung di Kalianda dibebankan dari APBD senilai Rp 1,1 miliar.

Menurut dia, selain untuk ornamen kota, pembuatan patung ZA Pagaralam itu untuk menghormati jasa pembangunan yang telah dilakukan ayah dari Gubernur Lampung Sjachroedin ZP ini.


EditorMarcus Suprihadi

Close Ads X