Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Keranda Mayat di Ruang Fraksi Demokrat

Kompas.com - 27/03/2012, 13:18 WIB
Sutarmi

Penulis

YOGYAKARTA, KOMPAS.com — Ratusan mahasiswa yang tergabung dalam Forum Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Daerah Istimewa Yogyakarta menaruh keranda jenazah bertuliskan "SBY-Boediono" di depan Ruangan Fraksi Demokrat, Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Istimewa Yogyakarta, Selasa (27/3/2012).

Mahasiswa yang hendak menemui anggota Fraksi Demokrat DPRD DIY terpaksa menelan kekecewaan. Pasalnya, tak satu pun anggota fraksi penguasa ini berada di ruang kerjanya. "Partai Demokrat pecundang. Demokrat tidak becus menyejahterakan bangsa Indonesia. Kami menyesal telah memenangkan Demokrat sebagai pemenang dalam Pemilu 2009. Revolusi! revolusi!," ujar salah satu orator aksi David, di DPRD DIY, Selasa (27/3/2012).

Sementara Koordinator Forum BEM-DIY, Abdul Kholid, mengatakan, kebijakan menaikkan harga bahan bakar minyak (BBM) akan semakin membuat rakyat Indonesia sulit memenuhi kebutuhan hidup. "Kenaikan BBM akan menyebabkan banyak orang miskin mati kelaparan akibat kebijakan pemerintahan SBY-Boediono tidak peka akan nasib rakyat," kata dia.

Menurut Abdul, alasan yang digunakan pemerintah menaikkan harga BBM sangat klasik, yakni harga minyak dunia meroket dan beban APBN. "Maka, atas nama rakyat Indonesia kami menolak kenaikan BBM dan meminta pemerintah melakukan nasionalisasi industri pertambangan asing di bawah kontrol rakyat," tegasnya.

Selain Forum BEM-DIY, mahasiswa dari sejumlah universitas di Yogyakarta juga menggelar aksi demonstrasi di Kantor Pertamina Jalan Mangkubumi dan melakukan orasi bebas di depan Gedung Agung dan Kantor Pos Besar.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com