Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bangunan Tua di Jalan Cilacap Akan Dibongkar?

Kompas.com - 26/03/2012, 23:45 WIB
Riana Afifah

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — Bangunan tua yang merupakan bekas gedung Dirjen Kebudayaan Depdikbud di Jalan Cilacap Nomor 4 Menteng, Jakarta, dikabarkan akan dibongkar. Padahal, bangunan ini merupakan salah satu bangunan cagar budaya.

Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan DKI Jakarta Arie Budhiman, saat dikonfirmasi mengenai kabar tersebut, mengatakan bahwa gedung itu bukan milik Dinas Pariwisata dan Kebudayaan DKI Jakarta (Disparbud DKI Jakarta) sehingga dia mengaku tidak memiliki data pemilik dan pengelola.

"Bukan milik Disparbud. Tapi itu kan bangunan cagar budaya. Jadi, kami tetap akan meminta keterlibatan tim sidang pemugaran di dalamnya," kata Arie ketika dihubungi Kompas.com, Senin (26/3/2012).

Menurut  Arie, setiap bangunan yang akan diubah atau dibongkar, baik interior maupun eksteriornya, harus mengantongi izin terlebih dahulu. Kemudian, jika merupakan cagar budaya, maka tindakan terhadap bangunan tersebut harus mendapat rekomendasi dari tim sidang pemugaran terlebih dahulu.

"Jadi, kami sudah bersurat kepada Dinas Pengawasan dan Penertiban Bangunan DKI Jakarta. Pemilik dan pengelola gedung ini harus melalui tim sidang pemugaran jika mau diubah," ungkap Arie.

Kendati demikian, ia menjelaskan bahwa penetapan bangunan ini sebagai cagar budaya turun langsung dari Kementerian Kebudayaan dan Pariwisata pada waktu itu. Untuk itu, menjadi kewajiban bagi siapa pun yang memiliki bangunan cagar budaya, mendapatkan izin khusus jika akan melakukan pemugaran.

Saat ini, bangunan yang terletak di seberang SMP Negeri 280 Jakarta itu masih terlihat kokoh. Gaya arsitektur kolonial masih melekat pada bangunan tersebut. Namun sekelilingnya ditutup oleh seng berwarna biru sehingga yang terlihat hanya bagian atasnya. Pada papan proyek yang tercantum di depan gedung tersebut ditulis bahwa jenis bangunan tersebut adalah hunian.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com