Migren pada Wanita Dipicu Perubahan Hormon

Kompas.com - 26/03/2012, 11:52 WIB
EditorAsep Candra

KOMPAS.com - Jika dibandingkan pria, wanita merupakan kelompok paling rentan terkena migren atau sakit kepala sebelah. Mengapa? Sebuah riset terbaru menemukan, perubahan hormon yang terjadi pada wanita diduga sebagai alasan utama kenapa wanita cenderung lebih mungkin menderita migren ketimbang pria.

Data dari National Headache Foundation mencatat, sekitar 30 juta orang Amerika Serikat menderita migren dan wanita berisiko hampir tiga kali lebih tinggi mengalami serangan tersebut ketimbang pria.

"Perubahan hormon memiliki kontribusi besar terhadap insiden migren yang lebih tinggi pada perempuan," kata dr Michael Moskowitz, seorang profesor neurologi dari Harvard Medical School di Boston Amerika Serikat.

"Ada bukti yang mendukungan temuan ini dan penurunan serangan migren pada wanita biasanya terjadi pascamenopause." tambahnya.

Peneliti mengatakan, serangan migren pada wanita kemungkinan besar akan terjadi sebelum atau sesaat setelah timbulnya menstruasi. Selain itu, pola serangan migren pada perempuan dapat berubah selama kehamilan atau menopause.

Peneliti mengungkapkan, ada banyak faktor lain yang dapat meningkatkan risiko seseorang menderita migren baik pada pria maupun wanita:

* Keturunan : Orang dengan riwayat migren dalam keluarga, terutama mereka yang memiliki satu atau lebih saudara yang menderita migrain, secara signifikan berada pada peningkatan risiko yang lebih besar.

* Usia : Data menunjukkan, pasien mengalami migrain antara usia 15 dan 55 tahun. Serangan pertama biasanya terjadi sebelum usia 40.

* Kondisi medis : masalah kesehatan tertentu, seperti tekanan darah tinggi, cemas, stroke, depresi, dan epilepsi, telah dihubungkan dengan peningkatan risiko migrain.

Moskowitz mengatakan, meskipun migren tidak dapat disembuhkan, tetapi penyakit ini dapat dikelola secara efektif dengan bantuan dokter. Banyak obat yang tersedia untuk mencegah dan menghilangkan rasa sakit, dan perubahan gaya hidup dapat menghilangkan beberapa pemicu yang menyebabkan migren.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.