Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Nyepi, Pasar Sanglah "Tidur"

Kompas.com - 23/03/2012, 10:21 WIB
Muhammad Hasanudin

Penulis

DENPASAR.KOMPAS.com — Seluruh aktivitas warga Bali lumpuh total saat pelaksaan Catur Brata Penyepian, Jumat (23/03/2012), termasuk Pasar Sanglah, Denpasar, yang sehari-harinya disibukkan aktivitas jual-beli.

Dari pantauan langsung Kompas.com, sekitar 400 kios tertutup rapat dan hanya tampak sejumlah petugas keamanan di pos jaga salah satu pasar terbesar di Denpasar ini. "Petugas keamanan di sini ada 7 orang yang jaga, pasar ini tidak boleh kosong karena aset pemerintah," ujar Gung Ari, salah seorang petugas keamanan saat ditemui pagi tadi.

Petugas juga sudah melengkapi diri dengan sejumlah peralatan pemadam kebakaran jika sewaktu-waktu ada percikan api. Sebelum Nyepi, aktivitas pedagang di Pasar Sanglah baru mulai berkurang sekitar pukul 23.00 atau bersamaan dengan berakhirnya pawai ogoh-ogoh di Kota Denpasar.

Jika biasanya jam 2 dini hari pedagang sudah mulai datang ke Pasar Sanglah untuk malam nanti terpaksa ditunda hingga pukul 6 pagi saat Catur Brata Penyepian usai.

Seperti diberitakan, hari ini bertepatan dengan tahun baru Saka 1934, umat Hindu di Bali melakukan Catur Brata Penyepian, yakni tidak menyalakan api (Amati Geni), tidak bekerja (Amati Karya), tidak bepergian (Amati Lelungan), dan tidak bersenang-senang (Amati Lelanguan).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com