Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jelang Nyepi, Gilimanuk Diserbu Warga

Kompas.com - 22/03/2012, 12:59 WIB
Muhammad Hasanudin

Penulis

JEMBRANA, KOMPAS.com - Sehari menjelang Hari Raya Nyepi, Pelabuhan Gilimanuk, Jembrana, Bali diserbu ribuan warga yang hendak keluar Bali untuk berlibur dan pulang ke kampung halaman. Akibat membludaknya calon penumpang kapal, tejadi antrean panjang kendaraan di dalam hingga beberapa kilometer keluar pelabuhan.

"Waduh macetnya parah, nggak kayak tahun lalu, kita sudah empat jam nih antre," keluh Wike, salah seorang calon penumpang Kapal yang terjebak antrean, Kamis (22/3/2012) pagi tadi. Wike bersama keluarganya yang hendak menuju Surabaya, Jawa Timur menggunakan mobil pribadi ini sudah antre sejak jam 3 dini hari tadi.

Antrean panjang didominasi oleh kendaraan umum seperti bus dan mobil travel. Sementara kendaraan pribadi dan truk-truk besar yang jumlahnya cukup banyak juga terlihat ikut mengantre di sekitar pelabuhan.

Manager PT ASDP Pelabuhan Gilimanuk, Ospar Silaban menjelaskan, antrean panjang kendaraan ini karena ribuan warga datangnya bersamaan sehari menjelang Nyepi sehingga terjadi penumpukan. Untuk mengurai antrean, PT ASDP akan memaksimalkan 30 kapal ferry yang ada untuk mengangkut calon penumpang menuju Pelabuhan Ketapang, Banyuwangi.

"Tidak mungkin kita menambah kapal Pak, namun kita maksimalkan yang ada, tadi mungkin kejebak mobil angkutan barang, namun sekarang sudah kita atur, jadi bisa cepat teratasi kemacetan ini." kilah Ospar siang tadi.

Pelabuhan Gilimanuk akan menghentikan operasionalnya sejak pukul 05.00 WITA Jumat (23/3/2012) besok pagi bertepatan dengan hari raya Nyepi, dan akan buka kembali Sabtu (24/3/2012) pukul 06.00 WITA.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com