Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Angin Kencang Melanda Maluku, Tiga Masjid Rusak

Kompas.com - 20/03/2012, 20:17 WIB
Rahman Alfarizi Patty

Penulis

AMBON, KOMPAS.com - Cuaca buruk disertai angin kencang, Selasa (20/3/2012) sekitar pukul 10.30 WIT melanda sejumlah desa di Kecamatan Ambalau, Kabupaten Buru Selatan, Maluku. Badai tersebut terjadi di Desa Elara, Desa Selasi dan Desa Siwar.

Tidak ada korban jiwa dan korban luka, dalam insiden ini namun mengakibatkan tiga buah masjid, satu mushalla dan puluhan rumah warga mengalami kerusakan. Selain itu ratusan pohon di tiga desa tersebut tumbang.

Salah satu tokoh masyarakat Desa Elara, Abdullah Mewar kepada Kompas.com menuturkan, selain masjid, angin kencang juga menghantam puluhan rumah warga dan satu buah mushalla di desa Selasi mengalami kerusakan. Akibat kejadian itu, sejumlah warga yang rumahnya rusak mengungsi dan menyelamatkan diri ke rumah kerabatnya yang tidak mengalami kerusakan

“Tidak ada korban jiwa, hanya saja akibat angin kencang itu kami sempat panik dan langsung menyelamatkan diri,” kata Mewar.

Menurutnya, kejadian terparah terjadi di Desa Elara. Tercatat 18 rumah warga rusak parah, empat rusak sedang dan sembilan rusak ringan. Angin kencang yang datang secara tiba–tiba itu juga menghantam masjid hingga rusak parah. Atap masjid di desa tersebut bahkan ambruk.

“Kerusakan terparah akibat angin kencang terjadi di Desa Elara, atap masjid ambruk dan kerangka kubah masjid juga mengalami kerusakan,” ungkap Mewar.

Setelah kejadian itu, warga langsung memperbaiki rumah mereka dengan sisa material yang ada dan membersihkan  pepohonan yang tumbang di tiga desa tersebut.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com