Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Isu Tsunami, Warga Polewali Mengungsi

Kompas.com - 20/03/2012, 12:57 WIB
Junaedi

Penulis

POLEWALI MANDAR, KOMPAS.com - Isu tsunami yang berhembus pascabencana angin puting beliung di Polewali Mandar, Sulawesi Barat, Selasa (20/3/2012) dini hari membuat sebagian warga Polewali ketakutan, dan mengungsi ke sejumlah tempat yang diperkirakan aman.

Meski tak ada gempa bumi, namun warga yang terlanjur panik tak berpikir lain selain mengungsi. Diduga, isu tsunami itu dihembuskan oleh pihak-pihak yang ingin memperkeruh suasana di tengah rumah yang hancur akibat hantaman puting beliung.  Isu tersebut memang hany isapan jempol belaka.

"Saya sempat larikan anak-anak dan keluarga tadi malam karena orang yang sedang berduka karena rumahnya hancur diterjang angin tiba-tiba muncul kabar baru kalau dalam waktu dekat akan ada tsunami, warga yang tidak berpikir jernih langsung saja percaya isu tersebut, dan mengungsi ke tempat yang diperkirakan aman," ujar Tamrin, warga Binuang.

Kepala Polres Polewali Mandar, AKBP I Gusti Ngurah Rai Mahaputra menyesalkan munculnya isu menyesatkan tersebut. "Mana ada tsunami. Ini tidak ada gempa sebelumnya. Tsunami baru berpotensi terjadi kalau didahului dengan gempa. Tapi kan tak ada gempa," ujar Kapolres.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com