Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ratusan Rumah Disapu Puting Beliung

Kompas.com - 20/03/2012, 10:59 WIB
Junaedi

Penulis

POLEWALI MANDAR, KOMPAS.com — Ratusan rumah di Kecamatan Polewali dan Binuang, Polewali Mandar, Sulawesi Barat, disapu angin puting beliung, Selasa (20/3/2012) dini hari. Warga yang panik berhamburan keluar rumah menyelamatkan diri. Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa ini, tetapi ratusan rumah warga porak-poranda akibat bencana itu. Bahkan, tercatat ada 42 rumah yang mengalami rusak berat.

Kini, korban yang kehilangan tempat tinggal terpaksa mengungsi ke rumah keluarga atau sanak saudara. Yahya dan Juna, misalnya. Dua korban puting beliung di Desa Toyamang ini masih bingung. Pasalnya, rumah mereka yang hanya berjarak belasan meter dari pantai rusak berat. Dinding dan atap bangunan terbang hingga puluhan meter dari rumah. "Karena rumah saya tak bisa dihuni, anak dan istri saya sementara mengungsi ke sebuah gardu milik tetangga sampai rumah saya bisa dibenahi kembali," ujar Yahya.

Hal serupa juga diungkapkan Juna. Dinding dan atap rumahnya copot sehingga seluruh perabotan di dalam rumahnya dipenuhi sampah dan basah. "Saya bingung harus pindah ke mana karena rata-rata tetangga juga rumahnya rusak," tutur Juna.

Kepanikan sempat bertambah saat jaringan listrik mengalami korsleting karena tertimpa pohon yang ambruk. Namun, petugas PLN yang bertindak cepat bisa mengatasi masalah tersebut. Aliran listrik ke rumah warga segera diputus saat peristiwa itu demi menghindari kebakaran.

Pagi ini, para korban yang mayoritas hidup sebagai nelayan hanya bisa membenahi sisa-sisa rumah yang rusak sambil mencari barang berharga yang mungkin tersisa.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com