Pentingnya "Hospital Tour" Sebelum Melahirkan

Kompas.com - 19/03/2012, 11:28 WIB
EditorAsep Candra

KOMPAS.com - Pelayanan kesehatan terutama di bidang kebidanan yang memuaskan dan profesional bagi ibu hamil  harus menjadi jaminan dari setiap rumahsakit atau klinik bersalin. Hal ini berkaitan juga dengan kesiapan fasilitas pelayanan yang ada di rumah sakit dan bagaimana keramahan para praktisi kesehatan baik medis maupun paramedis.

Sebuah pelayanan yang profesional tentu tidak akan ragu untuk memperkenalkan semua fasilitas baik ruang, alat kesehatan penunjang maupun menjelaskan bagaimana prosedur yang akan dilalui para klien atau ibu hamil yang akan melahirkan di sarana kesehatan yang mereka miliki.

Tujuan hospital tour

Menengok kembali pelayanan kebidanan di rumah sakit dan klinik bersalin masa dahulu, jarang ibu hamil diberi kesempatan dan diberi tahu manfaat  hospital tour atau kunjungan melihat lihat tempat, dimana ia akan dirawat saat melahirkan baik di rumah sakit atau klinik bersalin. Dalam kegiatan tour ini, selain mengunjungi  rumah sakit  juga untuk mengetahui mengetahui fasilitas yang ada. Namun sayang  tempat sarana kesehatan  masih belum banyak yang menyediakan layanan hospital tour ini.

Hospital tour bukan sekedar  melihat ruang kelas perawatan. Seringkali pasien datang ke rumah sakit hanya ingin tahu apa bedanya fasilitas tiap kelas perawatan. Lebih jauh  hopital tour atau berkunjung ke tempat pelayanan kesehatan terutama kebidanan dimaksudkan agar pasien mengenal bagaimana dan apa saja fasilitas pelayanan kesehatan yang bisa ia peroleh di rumah sakit atau klinik bersalin, bagaimana cara persalinan yang ada. Misalnya, layanan waterbirth, hypnobirthing, inisiasi menyusu dini, pijat bayi, senam hamil dan nifas dan sebagainya. Bidan atau petugas yang menjelaskan sebaiknya memiliki pengetahuan yang cukup baik dibidang pelayanan kebidanan di tempat tugas mereka serta mampu menjawab semua pertanyaan yang diajukan peserta hospital tour. Pengetahuan ini penting untuk menimbulkan rasa percaya  pada pelayanan  kesehatan yang kita berikan.

Petugas pemandu hospital tour adalah perwakilan dari bidan yang ada di ruang bersalin, ruang bayi atau ruang nifas yang dapat menjelaskan secara baik dan memahami betul tentang tersedianya ruang-ruang yang ada di lingkungan kebidanan. Misalnya, fasilitas apa saja yang terdapat di bagian bersalin, bagaimana kesiapan rumah sakit atau klinik bersalin bila terjadi  kegawatdaruratan bayi dan ibu, proses merujuk dan fasilitas yang mereka miliki bila tidak merujuk.

Semua  penjelasan itu seringkali menjadi pertanyaan para ibu  hamil dan tak sempat ditanyakan saat berkunjung kontrol ke bidan atau dokter, atau bahkan takut bertanya. Memang tidak semua secara detail harus dijelaskan, minimal calon ibu yang akan melahirkan di situ memiliki gambaran tentang dimana mereka dirawat, siapa yang merawat dan sosialisasi peraturan yang ada selama mereka menjalani perawatan. Pada akhirnya, diharapkan rumah sakit atau klinik bersalin akan semakin terus memperhatikan kebutuhan para pasien, sehingga tercipta suasana yang harmonis antara petugas kesehatan dan pasien ibu hamil selama berada dalam masa perawatan.

Kelas ibu

Seringkali komplain dan ketidakpuasan adalah akibat kurangnya informasi kepada pasien tentang fasilitas dan pelayanan apa saja yang berhak mereka dapatkan dan kewajiban selama menjadi pasien di rumah sakit atau klinik bersalin. Menyikapi dan mengantisipasi terjadinya ketidakpuasan pasien atas pelayanan tentu sangat dibutuhkan sebuah program pendampingan bagi ibu hamil sejak masa kehamilan dimulai.

Hal ini bisa di wujudkan dengan mengadakan kelas ibu atau bisa juga membuka parent education class sebelum seorang ibu hamil melahirkan. Dalam pendidikan dan penyuluhan kesehatan ibu hamil ini, selain mendapat informasi tentang  kesehatan ibu hamil,  juga disampaikan mengenai apa yang sebaiknya dilakukan dan dihindari selama hamil, senam hamil dan sebagainya. Pemberi materi adalah dokter ahli kandungan, ahli anak, bidan, ahli gisi, apoteker dan psikolog dan beberapa narasumber terkait.

Mengenal fasilitas dan petugas kesehatan

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.