Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Program BLSM Membuat Masyarakat Tak Mandiri

Kompas.com - 17/03/2012, 14:56 WIB
Yulvianus Harjono

Penulis

BANDAR LAMPUNG, KOMPAS.com - Program Bantuan Langsung Sementara Masyarakat (BLSM), sebagai kompensasi kenaikan harga BBM, terus dikritisi. Mahasiswa menilai program ini akan membuat masyarakat kian tidak mandiri.

"Kebijakan ini justru akan menjadikan rakyat terus terjejali dengan hal-hal instan, dan semakin tidak mandiri," ujar Azam Sahroni, aktivis mahasiswa dari Badan Eksekutif Mahasiswa Keluarga Mahasiswa Universitas Lampung, Sabtu (17/3/2012).

Alih-alih menyelamatkan rakyat, tambah Azam, rencana penggelontoran bantuan langsung tunai dalam bentuk BLSM justru akan menjadi politik pencitraan SBY.

Mereka pun menawarkan beberapa solusi terkait rencana kenaikan BBM yang akan diterapkan awal April nanti. Salah satunya, pemerintah harus tegas membatasi penggunaan BBM untuk hal-hal yang konsumtif, dengan cara membatasi kendaraan bermotor pribadi, sehingga pertumbuhan kepemilikan kendaraan bermotor tidak terus melonjak tinggi tiap tahun.

Di lain pihak, pemerintah harus serius menyediakan transportasi massal yang nyaman dan murah, agar masyarakat tidak lagi berlomba-lomba memiliki kendaraan pribadi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com