Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Polisi Ungkap Penimbunan 3.000 Liter Solar

Kompas.com - 15/03/2012, 18:50 WIB
Harry Susilo

Penulis

SAMARINDA, KOMPAS.com — Polisi mengungkap penimbunan sekitar 3.000 liter solar di sebuah pondok di Kelurahan Bantuas, Kecamatan Palaran, Kota Samarinda, Kalimantan Timur. Solar tersebut digunakan untuk industri batubara.

Tersangka AAK (32) tertangkap tangan saat menjual dan menimbun solar tersebut. Polisi kini menyita barang bukti berupa 3.000 liter solar yang disimpan di dalam drum, jeriken, dan tandon.

"Kami masih terus mengembangkan penyidikan," ujar Kepala Polres Kota Samarinda Komisaris Besar Arief Prapto Santoso, Kamis (15/3/2012), di Samarinda.

AAK ditangkap polisi pada Rabu (14/3/2012) sekitar pukul 15.00 Wita di lokasi penyimpanan. Dari keterangan warga sekitar, pelaku biasa menggunakan solar tersebut untuk truk pengangkut batubara.

Barang bukti yang disita polisi juga masih berada di dalam tempat penyimpanan milik tersangka di Kelurahan Bantuas dan ditandai dengan garis polisi. Tempat penyimpanan itu berada di dalam areal pertambangan batubara.

Tersangka dijerat dengan Pasal 53 Undang-Undang Nomor 22 Tahun 2001 tentang Minyak Bumi dan Gas serta Pasal 480 Kitab Undang-undang Hukum Pidana.

Sebelumnya, Polresta Samarinda juga mengungkap penimbunan 5.520 liter solar di Jalan Poros Bontang-Samarinda dengan tersangka H (33). Solar dibeli dari mobil tangki yang melintas di gudang tersangka.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com