Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ombak 5 Meter, Pelabuhan Padang Bai Buka-Tutup

Kompas.com - 15/03/2012, 13:56 WIB
Muhammad Hasanudin

Penulis

DENPASAR, KOMPAS.com - Cuaca ekstrem kembali melanda Bali dalam beberapa hari terakhir. Pelabuhan Padang Bai terpaksa memberlakukan sistem buka tutup sejak Senin (12/3/2012) sampai Kamis (15/3/2012) siang ini, karena ketinggian gelombang mencapai 5 meter.

"Hari ini gelombang diperkirakan bisa mencapai 5 meter," ujar Manager Operasional PT ASDP Pelabuhan Padang Bai Eko Yulianto, saat dihubungi siang ini.

Hari ini hanya ada tiga kapal yang berangkat menuju Pelabuhan Lembar, Lombok Barat, NTB. Sementara dari Pelabuhan Lembar menuju Padang Bali, hanya satu kapal yang berhasil merapat.

Pihak pengelola pelabuhan masih terus berkoordinasi dengan BMKG untuk mengetahui kondisi cuaca dan ketinggian gelombang terkini untuk memberangkatkan kapal lagi. Akibat sistem buka-tutup ini, ratusan kendaraan khususnya truk, mengantre di luar pelabuhan hingga sekitar enam kilometer. Selain angin kencang dan gelombang tinggi, cuaca ekstrem juga mengakibatkan bencana longsor dan banjir di Bangli hingga Buleleng.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com