Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Karyawan Bank Palsukan Ijazah

Kompas.com - 14/03/2012, 10:48 WIB
Gregorius Magnus Finesso

Penulis

PURBALINGGA, KOMPAS.com — Aparat Kepolisian Resor Purbalingga, Jawa Tengah, menangkap karyawan sebuah bank di wilayah setempat. Pelaku terbukti menggunakan ijazah palsu untuk melamar pekerjaan di bank tersebut.

Kepala Polres Purbalingga Ajun Komisaris Besar Ferdy Sambo, Rabu (14/3/2012), mengatakan, tersangka berinisial FS (25) ditangkap karena menggunakan ijazah palsu untuk melamar pekerjaan di sebuah bank swasta di Purbalingga.

"Pelaku sempat bekerja selama tujuh bulan. Sebelumnya, pelaku mengaku mencuri ijazah kekasihnya yang lulus sarjana dari perguruan tinggi di Purwokerto. Ijazah tersebut lalu di-scan dan dipalsukan, baik nama maupun fotonya," paparnya.

Pelaku akan dijerat pasal tindak pidana pemalsuan dengan ancaman hukuman enam tahun penjara. Polisi juga masih memburu tersangka lain yang ikut bekerja sama dalam pemalsuan dokumen penting tersebut.

Menurut Ferdy, kasus pemalsuan ijazah ini terbongkar setelah pihak bank meminta ijazah asli dari yang bersangkutan. Namun, karena tidak bisa menunjukkan ijazah aslinya, pihak bank curiga dan melaporkannya kepada polisi.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com