Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cilacap Barat Kembali Dilanda Banjir

Kompas.com - 09/03/2012, 16:00 WIB
Gregorius Magnus Finesso

Penulis

CILACAP, KOMPAS.com - Bencana banjir kembali wilayah dataran rendah bagian barat Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah. Sedikitnya 700 rumah terendam banjir dengan ketinggian mencapai 70 centimeter akibat tiga kecamatan dilanda hujan deras sejak Kamis (7/3/2012) sore.

Kepala Unit Pelaksana Teknis (UPT) Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Cilacap wilayah Sidareja Agus Sudaryanto, Jumat (9/3/2012) mengatakan, ada tiga kecamatan yang dilanda banjir yakni Kecamatan Sidareja, Bantarsari, dan Kedungreja.

"Wilayah tersebut pada 5 Maret lalu sudah tergenang banjir. Lalu sudah surut pada kemarin pagi. Tapi, hujan deras yang melanda pada malamnya membuat wilayah itu kembali digenangi banjir. Bahkan ketinggian air di jalan-jalan bisa mencapai 70-80 centimeter," ujar Agus.

Menurut dia, beberapa desa di Kecamatan Sidareja yang paling parah dilanda banjir yakni Gunungreja, Sidareja dan Sidamulya. Selain merupakan daerah cekungan, wilayah di sekitar Sidareja menjadi langganan banjir karena merupakan daerah cekungan sehingga sering mendapat banjir kiriman dari daerah hulu seperti Majenang dan Karangpucung.

Agus mengatakan, untuk sementara, belum ada warga yang mengungsi. "Kami terus melakukan pendataan dan harapannya segera dikirimkan bantuan bagi warga yang terpaksa mengungsi," ujarnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com